Probolinggo, 29 Mei 2024 – SMKN 1 Sumberasih bekerja sama dengan Perguruan Tinggi AMIK Taruna Probolinggo melaksanakan Uji Sertifikasi Operator Komputer Muda. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, mulai dari tanggal 29 hingga 30 Mei 2024, dengan melibatkan peserta didik kelas X dari konsentrasi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), dan Desain Komunikasi Visual (DKV). Jumlah peserta yang mengikuti uji sertifikasi ini mencapai 276 siswa.

Ujian sertifikasi ini bertujuan untuk mengukur dan mengakui kompetensi para peserta didik sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) kategori Informasi dan Komunikasi, khususnya dalam bidang Pengoperasian Komputer, sebagaimana tertuang dalam nomor 56 Tahun 2018. Hal ini sejalan dengan upaya sekolah dalam mempersiapkan siswa agar siap terjun ke dunia kerja dengan keterampilan yang diakui secara nasional.

Pelaksanaan ujian ini menghadirkan dua asesor dari AMIK Taruna Probolinggo, yaitu Jamal, SE., M.Kom., dan Heri Susanto, SE., M.Kom. Keduanya adalah dosen yang memiliki keahlian dan pengalaman luas dalam bidang teknologi informasi. Kehadiran mereka diharapkan dapat memberikan penilaian yang objektif dan berkualitas tinggi, serta memberikan motivasi kepada peserta didik untuk terus mengembangkan kemampuan mereka.

Selama dua hari pelaksanaan, para peserta mengikuti rangkaian ujian yang terdiri dari teori dan praktik. Ujian teori meliputi pengetahuan dasar tentang operasi komputer dan aplikasi perangkat lunak, sementara ujian praktik menguji kemampuan peserta dalam mengoperasikan perangkat komputer sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Semua peserta tampak antusias dan bersemangat dalam mengikuti setiap tahap ujian.

Kepala SMKN 1 Sumberasih, Ibu Siti Rohmah Hadi, S.Pd., M.p, menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan ini. "Kerja sama dengan AMIK Taruna Probolinggo ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah kami. Kami berharap melalui uji sertifikasi ini, siswa dapat memiliki sertifikat kompetensi yang diakui secara nasional, sehingga mereka lebih siap bersaing di dunia kerja," ujarnya. Kegiatan ini diharapkan menjadi awal dari kolaborasi berkelanjutan antara SMKN 1 Sumberasih dan perguruan tinggi untuk menciptakan lulusan yang kompeten dan profesional.

 

Pada tanggal 27 hingga 28 Mei 2024, SMKN 1 Sumberasih menyelenggarakan Workshop Implementasi Sekolah Ramah Anak. Acara ini diadakan bekerja sama dengan Asosiasi Pendidik Berperspektif Hak Anak dan berlangsung selama dua hari, dimulai pada hari Senin dan berakhir pada hari Selasa.

Read more: SMKN 1 Sumberasih Menuju Sekolah Ramah Anak

Pada tanggal 18 April 2024, suasana kehangatan dan keakraban memenuhi lapangan SMKN 1 Sumberasih saat acara Halal Bi Halal digelar. Acara yang menjadi tradisi tahunan ini diawali dengan kehadiran para siswa yang berkumpul untuk bermaaf-maafan dan saling memaafkan setelah menjalani liburan sekolah.

Tak hanya siswa, para guru pun turut memeriahkan acara tersebut dengan menyambut siswa-siswi mereka dengan senyuman dan pelukan hangat. Kegiatan Halal Bi Halal kali ini juga menjadi lebih istimewa dengan kehadiran seorang ustad terkemuka, KH. Mas Ismail Hafidz, yang diundang untuk memberikan ceramah singkat tentang pentingnya silaturahmi dan persaudaraan dalam agama Islam.

Acara Halal Bi Halal di SMKN 1 Sumberasih tidak hanya menjadi ajang untuk mempererat tali persaudaraan di antara siswa dan guru, tetapi juga sebagai momen refleksi dan pengingat akan nilai-nilai kebersamaan dan toleransi yang harus terus dijaga dalam kehidupan sehari-hari.

penyaluran-zakat-1445-HPada tanggal 5 April 2024, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMKN 1 Sumberasih mengadakan kegiatan pembagian zakat sebagai bagian dari program sosial mereka. Kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu di sekitar wilayah sekolah. Dengan kolaborasi antara para siswa, guru, dan pihak sekolah, zakat yang terkumpul dikemas dalam bentuk paket sembako yang berisi bahan makanan pokok dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Dalam kegiatan ini, OSIS SMKN 1 Sumberasih menunjukkan komitmennya dalam berbagi kepada sesama dengan menggalang dana zakat dari siswa-siswi dan warga sekolah lainnya. Tidak hanya sekadar memberikan bantuan materi, kegiatan ini juga bertujuan untuk memupuk rasa kepedulian sosial dan empati di antara anggota komunitas sekolah. Para siswa yang terlibat dalam kegiatan ini belajar untuk menjadi agen perubahan yang peduli terhadap kebutuhan masyarakat sekitar.

Melalui kegiatan pembagian zakat ini, OSIS SMKN 1 Sumberasih berhasil menyalurkan bantuan kepada puluhan keluarga yang membutuhkan di sekitar wilayah sekolah. Tindakan ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi penerima zakat tetapi juga memperkuat rasa solidaritas dan kebersamaan di antara anggota komunitas sekolah. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah lainnya untuk turut serta dalam upaya kemanusiaan dan pengentasan kemiskinan.

Pelaksanaan Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) SMKN 1 Sumberasih merupakan salah satu momen penting dalam pendidikan kejuruan, di mana siswa dapat menunjukkan kemampuan dan keterampilan yang mereka pelajari selama masa pendidikan. Pelaksanaan UKK di SMKN 1 SUmberasih dimulai 26 Februari hingga 4 Maret 2024, berbagai Kompetensi Keahlian di sekolah-sekolah melaksanakan UKK, termasuk Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), dan Multimedia (MM).

Berdasarkan data, jumlah siswa yang melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian(UKK) total 168 siswa. untuk kompetensi kehalian RPL sebanyak 68 siswa, untuk kompetensi kehalian MM 68 siswa, sementara TKRO dan TITL masing-masing 72 siswa dan 59 siswa yang mengikuti ujian. Keterlibatan siswa dalam jumlah besar menunjukkan keseriusan mereka dalam mengukur kemampuan serta potensi yang dimiliki dalam bidang keahlian yang dipilih.

Tidak hanya melibatkan siswa, pelaksanaan UKK juga melibatkan penguji eksternal dari berbagai lembaga dan perusahaan terkemuka seperti PT. KTI, AMIK Taruna, Onlenkan, CV Jaya Deras, Ogy Colective Studio, dan CV. Sukarji Teknik Mandiri. Keterlibatan penguji eksternal ini tidak hanya memberikan validitas terhadap hasil ujian, tetapi juga memberikan gambaran yang lebih nyata terkait dengan tuntutan dan standar industri saat ini.

Pola pelaksanaan UKK menggunakan metode mandiri, di mana sekolah bekerja sama dengan mitra dunia kerja menggunakan instrumen yang disusun oleh Pemerintah Pusat. Hal ini menekankan pentingnya kolaborasi antara dunia pendidikan dan industri dalam menghasilkan lulusan yang siap terjun ke dunia kerja dengan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Dengan demikian, pelaksanaan UKK bukan hanya sekadar ujian akademik, tetapi juga merupakan wujud dari integrasi antara pendidikan dan dunia kerja yang bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang kompeten dan siap bersaing di era global.

Pada tanggal 19 Februari 2024, telah dilaksanakan Verifikasi Alat Uji Kompetensi Keahlian (UKK) untuk beberapa jurusan diantaranya Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Kendaraan Ringan, dan Multimedia.

Read more: Verifikasi TUK 2024

Hubungi Kami

  • Hot line: (0335)435952
  • Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Address: Jl. Brawijaya No. 78 Lemahkembar
    Kecamatan Sumberasih - Probolinggo 67251

MEDSOS

We're on Social Networks. Follow us & get in touch.